Home » » Emka Panuluh Jagad

Emka Panuluh Jagad

Written By Amoe Hirata on Jumat, 07 September 2018 | 17.26


Kata Emka adalah singkatan dari Muhammad Kafy. Nama “Muhammad” (مُحَمَّد) artinya yang terpuji. Diharapkan, anak ini ke depannya akan menjadi orang yang terpuji laksana Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam yang memiliki akhlak mulia dan budi pekerti yang luhur.


Dengan demikian, kehadirannya akan menjadi penyejuk dan pencipta ketentraman  disekitarnya. Karena tingkah dan lakunya adalah tindakan yang terpuji. Visi-misi hidupnya terpuji dan langkah hidupnya terarah dan terpuji.

Sedangkan “Kafy” (كَافِيْ)artinya adalah yang cukup. Nama ini terisnpirasi dari firman Allah Subhanahu wata’ala dalam surah An-Nisa [4] ayat 6, 45, 70, 79, 81 dan al-Furqan ayat 31. Maksudnya, dalam hidup anak ini diharapkan akan mencukupkan Allah sebagai Sang Penghitung (Pengevaluasi), Penolong, Yang Mengetahui, Saksi (Yang Menyaksikan), Wakil dan menjadi Maha Pemberi Petunjuk untuknya.

Konsekuensi dari nama ini diharapkan anak ini memiliki tauhid dan akidah yang mantap sehingga dalam kehidupannya tidak bergantung kepada selain Allah. Baginya, cukup Allah-lah yang menjadi segala-galanya dalam hidupnya.

Sedangkan “Panuluh” berasal dari bahasa jawa. Artinya sang pemberi suluh (penerang, cahaya). Kehadirannya diharapkan menjadi suluh bagi sekitarnya. Tindak-tanduknya mengandung pencerahan bagi sekelilingnya. Bila ada sesuatu yang tidak jelas dan terang, maka dia digarda depan yang menjadi pencerahnya. Di samping itu, “Panuluh” juga berarti orang yang suka menyampaikan petunjuk Allah, ia laksana jutu terang, pendakwah yang tak jemu memperjuangkan titah Allah dan Rasul-Nya.

Paling tidak, ini juga terinspirasi dari al-Qur`an yang menyebut nabi sebagai dai yang haadiyan (sang penunjuk, pembimbing) [Asy-Syura: 52], siraajan muniiran (lentera yang menyinari) [Al-Ahzab [33]: 46]. Sehingga, dalam hidupnya –apapun profesinya—tetap dalam koridor dakwah menuju Allah.

Adapun “Jagad” artinya bumi, dunia dan alam. Maksudnya, saat hidup di jagad ini, di dunia ini, di alam ini, di semesta ini, dia akan berusaha berakhlak terpuji seperti Nabi Muhammad, mencukupkan Allah sebagai penolong, penghitung, wakil, saksi, yang mengetahui tingkah-lakunya, serta menjadi sang pencerah. Itulah sedikit penjelasan tentang nama: Muhammad Kafy Panuluh Jagad.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan