Home » » Raja Setengah Siuman

Raja Setengah Siuman

Written By Amoe Hirata on Minggu, 12 April 2015 | 21.22

Dalam biduk sunyi
Ku ayuh sendiri
Dengan kedua tangan
Gerak-gerik sampan

Tibalah raga wadak
Di pulau tak berkehendak
Kabarnya di tanah ini
Gemah ripah loh jinawi

Kayu mati jadi hidup
Lampu mentari tak pernah redup
Katanya : “Tanah surga”
Menjadi rebutan para raja

Betapa kaget ketika
Aku masuk berjumpa
Raja setengah siuman
Dari tidur setengah nyaman

Di sampingnya ada dayang-dayang
Mengipasi dengan bayang-bayang
Ambisi yang tak pernah padam
Selama ini terpendam

Aku kasihan melihat raja
Diam tanpa suara
Ia terlihat bergerak
Namun tanggal dari kehendak

Bagaimana nasib rakyat
Tanah kaya tapi melarat
Mereka tertimpa amnesia
Akibat janji  jadi busa

Lahir terlihat mengantuk
Masalah semakin menumpuk
Ingin sekali tidur nyenyak
Kondisi semakin tak enak

Kemana harapan berlabuh
Jika raja berselingkuh
Dengan dayang-dayang ambisius
Bagai serigala rakus

Sungguh aku kasihan
Sekadar kasih hanya kelemahan
Maka aku tatap wajah langit
Sambil tertatih aku bangkit

Wahai rakyat setengah siuman
Jauhkan lambung dari dipan
Menjadi bangkit setegar gunung
Atau menjadi katak dalam tempurung?

Telah tiba sekarang
Bangun dari tidur panjang
Berjuang menuju harapan,
Atau bahagia dalam angan?
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan