Home » » Kepedulian Sosial Muslim Niamey

Kepedulian Sosial Muslim Niamey

Written By Amoe Hirata on Rabu, 14 Januari 2015 | 10.21

“Setiap orang menginginkan keberuntungan. Namun ia hanya bisa diraih dengan jalan yang penuh gelombang (rintangan). Semuanya akan mudah bagi orang yang telah ditetapkan Allah meraih keberuntungan dunia-akhirat. Di antara cara (efektif) untuk meraihnya ialah dengan mempersembahkan kebaikan pada orang lain dengan berbagai macam watak, karakter, dan jenisnya. Tidak ada seorang pun yang menyangkal bahwa orang yang berusaha keras menebarkan kebaikan baik maknawi(seperti: nasihat, ilmu, dan musyawarah), maupun materi(seperti: harta), pasti akan dicintai oleh yang menerima kebaikan tersebut. Berangkat dari situ, kami mengajak ‘hayya `ala al-falāh’(mari menuju keberuntungan) yang diulang-ulang muadzin lima kali sehari”. Demikan sambutan Syaikh Husain Sa`ad Thāhir selaku direktur utama dalam situs resmi lembaga yang dipimpinnya (http://alfalah96.com/), Al-Falāh Al-Khairiyah.
Niger adalah sebuah negara bersistem republik yang wilayahnya terkurung oleh daratan (landlocked). Secara geografis, ia terletak di bagian barat Afrika. Negara ini berbatasan dengan Nigeria dan Benin di sebelah selatan; Mali di barat; Aljazair dan Libya di utara; dan Chad di sebelah timur. Nama negara ini diambil dari Sungai Niger. Ibu kotanya ialah Niamey. Penduduknya berjumlah sekitar 17.129.076.  Hampir delapan puluh persen wilayahnya didominasi gurun pasir. Di mata internasional, negara ini dikategorikan sebagai  bagian negara termiskin serta paling rendah pertumbuhan penduduknya.
 Hampir  delapan puluh persen lebih penduduknya beragama Islam. Islam bisa menyebar luas sampai pada wilayah ini  melalui seorang da`i kenamaan yang bernama Abu Bakar bin Umar al-Lamtuni. Dengan dakwah yang telaten, teladan yang baik, kedisiplinan tinggi, kesabaran yang tangguh bersama Abdullah bin Yasin, ia mampu –atas petunjuk Allah- mengisalamkan lebih dari sepuluh negara Afrika Barat, termasuk Niger. Negara ini merupakan bekas jajahan Perancis. Ia baru merdeka pada 3 Agustus 1960. Sekarang Kepala Presidennya bernama: Mahamadou Issoufou.
Secara umum, kondisi ekonomi negara ini bergantung pada ekspor hasil pertanian, berpusat di wilayah  bagian selatan yang tanahnya relatif subur. Di samping itu, negara ini juga mengekspor bahan baku penting, di antara yang paling menjadi andalan ialah uranium. Meski demikian, Niger tetap tidak mampu bangkit secara mandiri, baik dalam bidang ekonomi, maupun sosial ditambah lagi persoalan lain yang tak kalah mirisnya berupa rendahnya tingkat kesehatan, pendidikan dan kondisi lingkungan yang tidak kondusif.
Dalam kondisi negara yang begitu miskin dan memprihatinkan itu, berangkat dari firman Allah: “dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa”(Qs. Al-Maidah: 2) dan sabda Rasulullah: “Allah akan senantiasa menolong hamba, selama dia menolong saudaranya”(Hr. Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi), serta ajaran-ajaran agama Islam yang mendorong untuk berbuat kebaikan dan ihsan kepada manusia, maka di Niamey(Ibu Kota Niger) didirikanlah Lembaga Al-Falāh Al-Khairiyah oleh orang-orang yang mempunyai perhatian khusus pada kebaikan. Ia merupakan lembaga sosial swasta yang berkonsentrasi dalam beberapa bidang berikut:
Pertama, dakwah. Baik melalui masjid, maupun dengan mendirikan sekolah-sekolah Qur`an. Kedua, pendidikan. Dengan cara membangun sekolah sebagai wadahnya, serta mengusahakan penghapusan buta huruf. Ketiga, kesehatan. Membangun klinik kesehatan, mengobati orang sakit, dan menyediakan obat-obatan. Keempat, kemanusiaan. Yaitu dengan cara mengasuh anak yatim dan membuatkan asramah, menanggung biaya para guru dan dai, membuat kegiatan buka bersama bagi orang berpuasa, membagikan daging kurban serta pembagian baju gratis.
Lembaga ini didirikan pada 13 Februari 1996. Ia berdiri dengan adanya keputusan No. 6-86 yang dikeluarkan oleh Mentri Dalam Negeri Republik Niger pada tanggal 1 Maret 1996. Setelah diresmikan pemerintah, lembaga ini dengan segera memulai aktivitas dan program-programnya. Ia juga membuka kerjasama dengan berbagai yayasan dan lembaga sosial Islam baik di dalam maupun luar negeri. 
Tujuan lembaga ini didirikan ialah sebagai berikut: Pertama, Berdakwah pada Allah Swt. dengan penuh hikmah, dan nasihat yang baik. Kedua, Menanamkan akidah yang lurus serta menjelaskan ajaran-ajaran Islam yang toleran. Ketiga, Menyebarkan wawasan keislaman berdasarkan manhaj salaf (ulama terdahulu) al-shalih (yang baik) dalam perspektif al-Qur`an dan Sunnah. Keempat, Menyebarluaskan kebaikan dan berkhidmah untuk kepentingan kemanusiaan. Kelima, Berusaha meringankan beban orang fakir-miskin dan memperbaiki kondisi hidup dan kesehatan mereka.
Keenam, menebarkan ilmu dan memberantas kebodohan, meningkatkan kemampuan guru, para imam dan para muadzin. Ketujuh, Mendorong upaya penelitian ilmiah serta berbagai bentuk keahlian yang membuahkan penemuan-penemuan yang konstruktif. Al-Falāh Al-Khairiyah Niamey Niger merupakan satu lembagai sosial yang selalu berupaya meningkatkan kemajuan masyarakat khususnya di negara Niger sebagai markas utama, dan negara lain pada umumnya.
Semua itu berjalan melalui kantor-kantor organisasi khusus yang diawasi beberapa organisasi, yayasan, dan asosiasi besar dunia yang menyokong secara intensif proyek ini, seperti: organisasi al-Hilāl al-Ahmar al-Imārati(semacam PMI di Indonesia), organisasi Dubai al-Khairiyah, Dār al-Birr dan organisasi-oraganisasi lain yang memiliki peranan besar dalam upaya pemberian bantuan di negara Niger secara khusus. Lembaga ini akan terus bekerja untuk memberikan bantuannya tanpa batas.
Di antara amal penting yang dilakukan oleh lembaga sosial ini –dan masih terus berjalan hingga sekarang- ialah kegiatan pengasuhan anak yatim serta membangun tempat tinggal bagi mereka serta menganggung biaya belajar dan kehidupan mereka. Melalui lembaga ini, pengadopsian dan pengasuhan sejumlah besar dari anak yatim dan faqir telah berjalan dengan baik di berbagai desa Niger. Sangat besar harapan lembaga ini untuk berkontibusi dalam bidang sosial khususnya pengasuhan anak yatim.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan