Home » » `AZĪZUN `ALĪM

`AZĪZUN `ALĪM

Written By Amoe Hirata on Senin, 04 Mei 2015 | 04.47

Kata `azizun berasal dari akar kata `izzun yang berarti kemuliaan, tidak terkalahkah, sangat unik, langkah dan gagah. Kata `aziz biasa diartikan Maha Gagah. Tapi sejatinya bahasa indonesia tidak mampu mewakili kata `aziz karena keluasan maknanya. Namun pada intinya kata `aziz menggambarkan penguasa yang punya kendali penuh, memiliki kekuasaan absolut. Mampu memberi sanksi dan ketegasan kepada siapa saja yang melanggar batas-batas yang dibuat-Nya.

Kata `aliimun(Maha Mengetahui) dalam Al-Qur`an diletakkan di depan dan di belakang, tergantung dari kata yang dipasangkan. `alimun berasal dari akar kata `ilmun artinya ilmu. Sebenarnya kurang pas kalau `alimun diartikan dengan Maha Mengetahui. Karena pengetahuan dan ilmu memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Pengetahuan secara mudah bisa didapatkan oleh semua orang asal indranya berfungsi dengan baik dan mau menerimanya, sedangkan ilmu merupakan hasil dari kumpulan pengetahuan yang sudah diteliti sedemikian rupa sehingga menghasilkan pengetahuan yang lebih dalam dan mendasar.


Ketika kedua sifat ini digabung menjadi satu maka pelajaran berharga bagi manusia ialah bagi siapa saja yang memiliki kendali, ketegasan, kegagahan yang penuh maka harus diiringi dengan ilmu yang memadai. Tanpai dasar ilmu kekuatan, kegagahan akan berjalan tidak seimbang. Pemimpin yang suka memanfaatkan dan menggunakan otoritasnya tanpa dasar ilmu maka dapat merusak kepemimpinannya. Kepemimpinan tanpa ilmu rawan dikuasai oleh hawa nafsu.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan