Home » » Jangan Sok Suci!

Jangan Sok Suci!

Written By Amoe Hirata on Rabu, 24 Juni 2015 | 23.40


          Pernah gak si Masbro dan Mbakbro dikatain sama teman, ‘Please dech, jangan sok suci!’, saat burasaha insaf menjadi orang baek-baek?. Kalau pernah, jangan pernah kecil hati bro. Orang begituan mah sukanya sirik ma orang yang ingin berubah. Aku jadi ingat deh kisah Nabi Luth sama kaumnya. Coba dicek: Qs. Al-A`raf, 82 dan An-Naml, 56! Isinya persis kayak begituan. Masak bro, Nabi Luth `kan ngasih tau baek-baek jangan suka sesama jenis, jangan ngelakuin perbuatan yang ga pernah dilakuin oleh umat-umat sebelummu!. Eh malah ngeyel. Apa coba tanggapan mereka, ‘Alah Luth, jangan jadi orang sok suci dech!”.
            Na`udzubillah min dzalik ya bro. Ga banget (atau bingit) dech. Mestinya `kan orang dinasehati bersyukur, nah ini malah ngelantur yang tidak-tidak. Kalo orang ngelakuin kebaikan dianggap sok suci, lalu mereka apa? ‘sok kotor, sok najis?’. Paling-paling kalo mereka dikatain seperti itu, pastinya marah-marah. Percaya dech. Tapi jangan kecil hati bro, mereka ngelakuin kejelekan aja PD, nah kita yang ngelakuin kebaikan masak ga PD. Ingat bro, nabi pernah dituduh tukang sihir, gila, penyair dll. Tapi beliau enjoy aja. No problemo, hehehe. Kuncinya satu, tetap semangat, berpikir positif, dan cuekin mereka. Nanti juga cepek-capek sendiri.
            Tau ga bro, dulu pas nabi nanya ke Waraqah bin Naufal, ‘Apa orang yang dakwah seperti aku gini akan dimusuhi orang?’. Dengan tegas Waraqah ngejawab, ‘Sapa aja yang mbawa ajaran yang kayak kamu bawa –seperti nabi terdahulu- yakin deh, pasti dimusuhi!’. Tuh `kan aku bilang juga apah. Nyantai saja sob!. Kalau baru dikatakan ‘sok suci!’ saja sudah mewek, mending jualan mpek-mpek(hehe,, sorry guyon). Kalau baru dikatakan ‘sok alim’ saja sudah ngambek, namanya cemen bro, mending jadi jomblo(heheh, guyon lagi, meski ora nyambung). Yang jelas gini bro, tetap berjalan. Allah ga lihat hasil bro, yang penting kita-kita berusaha.
            Ada cerita menarik bro, ada seorang ulama bernama Muhammad bin Yasin. Ia berasal dari Maghrib(Maroko). Dia rela ninggalin sanak famili serta jama`ah ngajinya. Demi apa coba? Ya karena prihatin, di negeri tetangganya ada suku yang agamanya Islam secara KTP(heheh, please dech masak dulu sudah ada KTP). Mereka ngaku Islam tapi masih suka STMJ(shalat terus maksiat jalan). Pertama kali beliau datang ke sana, ga disukai bro, bahkan diusir. Trus apa dia ngambek atau pulkam? Ternyatak enggak tuh. Dia malah nyuratin pemuda-pemuda yang simpati dengan dakwahnya mendirikan tenda di sebelah daerah itu. Muhammad bin Yasin tidak ngambek dan tidak menggunakan cara-cara kekerasan.
            Tau ga Sob, dalam waktu yang tidak begitu lama,- soalnya dia menggunakan dakwah penuh cinta- akhirnya lahir tokoh besar sebagai penerusnya, namanya Yusuf bin Tasyfin. Pada akhirnya ada sekitar lebih dari lima belas negara Afrika Utara kembali taubat bahkan masuk Islam. Ingat bro, ini adalah buah dari kesabaran dan ga putus asa.  Kita bukan kayak krupuk yang gampang melempem dan ayem ketika kenak angin atau air. Molai sekarang, kalao ada yang ngatain, ‘Jangan sok suci!’ senyum aja dech, jangan digubris. Tunjukkan bahwa kamu ga terpengaruh. Kalau terpaksa ga kuat, ya boleh aja kamu ngomong, ‘Jangan sok kotor bro!’. Nanti dia pasti mikir, lha pas mikir, tinggalin aja. Masalah tobat atau tidak itu murni hidayah Allah.
Share this article :

2 komentar:

  1. Dengan style yang berbeda, tulisanmu tetap menggoda broo.......

    BalasHapus
  2. Syukron Pak Kali, mohon bimbingannya

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan