Home » » Agama-Agama Besar Masa Kini

Agama-Agama Besar Masa Kini

Written By Amoe Hirata on Rabu, 22 Oktober 2014 | 06.17


Judul              : Agama-Agama Besar Masa Kini
Penulis            : Sufa`at Mansur
Penerbit          : Pustaka Pelajar
Cetakan          : Pertama, September 2011
Tebal              : 292
Kategori         : Pluralisme Agama
Harga             : -
Peresensi        : Mahmud Budi Setiawan

Pada dasarnya setiap agama memiliki keyakinan yang berbeda-beda. Pada beberapa agama seperti, Kristen dan Islam ada semacam ajaran untuk menyebarkan agamanya. Masalahnya kemudian –seperti yang dibahas dalam buku ini- apakah semangat untuk menyebarkan keyakinan sebangun dan berbanding lurus dengan semangat untuk toleransi dan menghormati keyakinan masing-masing? Karena itulah bagi penulis saling memahami dan saling menghormati antarpemeluk agama dan keyakinan menjadi sangat penting. Hal itu merupakan tuntutan obyektif kalau menginginkan kerukunan hidup di tanah air Indonesia.
            Buku ini ditulis oleh Sufa`at Mansur. Lahir di Cepu, Blora, Jawa Tengah pada 14 November 1939. Sarjananya ditempuh di IAIN Sunan Kali Jaga. Ia pernah mengikuti Indonesian Islamic Studies Project, di State University of Lieden, Netherland. Di antara buku-buku yang pernah ia tulis selain buku ini ialah: Beberapa Pembahasan Tentang Kebatinan(1985), Indeks Hadits(2010), Manajemen Masjid(2011), dan Sekilas Tentang Aliran Wahabi. Di samping menulis, ia juga aktif sebagai pemakalah atau pembicara dalam berbagai seminar dan diskusi.
            Buku ini terdiri dari tujuh bab, dan dua puluh empat sub-bab. Pembahasan inti pada buku ini: Agama Hindu(agama weda, agama hindu masa kini), Agama Budha(sejarah, madzab-mdzab), Agama Konghucu(sejarah dan ajaran), Agama Shinto(Sejarah dan ajaran), Agama Yahudi(sejarah, kitab dan ajaran), Agama Kristen/Nasrani(sejarah, ajaran dan madzhab), Agama Islam(sejarah, ajaran dan sekte-sekte di dalamnya). Buku ini ditulis secara sederhana, jelas, runtut dan penuh semengat untuk menghidupkan toleransi, buku ini mengenalkan hal-hal yang elementer dan prinsipal dalam berbagai agama besar yang hidup di Indonesia.

            Kata kunci dari buku ini ialah bagamana bisa menanamkan sikap toleran antarumat beragama. Buku ini cocok dibaca untuk masyarakat umum dan umat agama mana pun. Buku ini juga bisa  dijadikan sebagai sumber bacaan bagi para akademisi dan mahasiswa yang sedang mengkaji agama, antropologi, sosiologi, dan filsafat. Selamat membaca.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan