Home » » Agama Kekuasaan dan Kekuasaan Agama

Agama Kekuasaan dan Kekuasaan Agama

Written By Amoe Hirata on Rabu, 22 Oktober 2014 | 06.08

Judul            : Agama Kekuasaan dan Kekuasaan Agama Perspektif  Profetik atas Peran Geopoolitik Global Takhta Suci
Penulis            : Tjahjadi Nugroho
Penerbit          : SadarPublications
Cetakan          : Pertama, 2005
Tebal              : 250 halaman
Kategori         : Pluralisme Agama
Harga             : -
Peresensi        : Mahmud Budi Setiawan

Ketika globalisasi sudah menjadi keniscayaan bagi selurah umat beragama, bagaimana sikap para umat beragama dalam menghadapi dan menyikapi globalisasi? Apakah dalam perjalanan sejarahnya hingga saat ini agama menjadi kekuasaan, atau sebaliknya? Dalam buku ini akan dijelaskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Penulis juga berusahan mencari solusi yang tepat untuk menghadapi konflik manusia yang berkepanjangan.

Apa yang diketengahkan Tjahjadi Nugroho barangkali secara prinsip tak jauh berbeda dari ide pokok para pelopor terdahulu. Namun demikian, kejujuran dan keterbukaan yang dikemukakan seorang Tjahjajadi Nugroho, cukup melegakan. Sebagai agamawan, ia mencoba menemukan solusi dalam menyelesaikan konflik kemanusiaan yang berkepanjangan ini. Dalam konteks globalisasi, Tjahjadi Nugroho mencoba menawarkan sebuah reformasi institusi keagamaan. Buku ini dipersembahkan penulis terutam untuk pemuka agama dan masyarakat dalam memulai perubahan skap dogmatis dan dikotomi iman-ilmu. Bagi penulis, dialog subtansial umat beragama sangat diperlukan di masa kini untuk menciptakan perdamaian di dunia, untuk menyatakan keberadaan Allah dan perintah-Nya, nilai kemanusiaan dan kecerdasannya dalam membangun masa depan dunia.

Buku ini adalah sebuah tulisan yang menantang pembaca untuk memperbarui sikap beragama dan sikap politik umat beragama menghadapi globalisasi. Beranikah pembaca mempercayai kitab suci sebagai sumber kebenaran? Atau beranikah pembaca melepaskan kitab suci sebagai dasar moral? Menurut penulis ‘agama kekuasaan’ menjadi istilah untuk mewakili kondisi ketika agama dipimpin oleh hasrat naluriah, naluri menguasai nurani. Akibatnya, agama tidak menyanggupkan manusia melakukan yang baik atau benar sekalipun memimiliki pengetahuan rohani yang benar. Muatan buku ini berupaya untuk mengangkat peran profetik institusi agama dalam percaturan kompetisi global.

Buku ini ditulis oleh Tjahjadi Nugroho, seorang Pendeta dan Penulis yang juga aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan di Indonesia. Tinggal di Semarang, Jawa Tengah. Buku-bukanya yang lain adalah: Orde Dunia baru, Manusia Yesus Kristus, Keluarga Besar Umat Allah. Bahasan pokok buku ini sebagai berikut: Era Global Milik Siapa? Suksesi Raja-Raja, Dari Kekuasaan Agama ke Agama Kekuasaan, Peran Profetik Islam, Luka Parah dan Sembuh Kembali, Amerika-Vatikan: Polisi Duni dan Godfather, “Grand Design” Vatikan, Quo Vadis Dunia?


Buku ini cocok dibaca bagi siapa saja yang ingin memperkaya wacana  sebagai sarana untuk mencari solusi  bagi konflik yang terjadi di kalangan umat beragama terutama dalam menghadapi globalisasi. Mungkin isi dari buku ini banyak yang kontroversial, karena itulah pembacaan dengan nalar kritis harus senantiasa dipegang untuk menelaahnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan