Home » » Islam Universal

Islam Universal

Written By Amoe Hirata on Rabu, 22 Oktober 2014 | 04.04

Judul Buku                :  ISLAM UNIVERSAL
Pengarang                  : Prof. Dr. Nurcholish Madjid, Dkk(M. Yunan Yusuf, Masdar F Mas`udi, Mochta Pabottinggi, Sayidiman Suryohadiprojo, Prof. Ali Yafie, Jalaludin Rahmat, Dr. M Qurays Syihab, Dr. Komarudin Hidayat)
Penerbit                      : PUSTAKA PELAJAR
Cetakan/Tahun         : Pertama November 2007
Tebal                          : 342 halaman
Harga                         : -
Peresensi                    : Mahmud Budi Setiawan

            Buku ini merupakan kumpulan tulisan yang sengaja disusun untuk memperbincangkan universalitas Islam. Di dalamnya terdapat tulisan dari cendekiawan Muslim, seperti Nurcholis Madjid,  Masdar F Mas`udi, Ali Yafie, Jalaludin Rahmat, Qurays Syihab, Komarudin Hidayat dan lain-lain. Buku ini diberi kata pengantar oleh Abdur Rahman Wahid yang membincang Universalisme Islam. Menurutnya, universalisme Islam menampakkan diri dalam berbagai manifestasi penting dan yang terbaik adalah dalam ajaran-ajarannya.  Ajaran yang meliputi fiqih, tauhid, akhlak dan kemanusiaan.
Salah satu ajaran yang dengan sempurna menampilkan universalisme Islam ialah jaminan dasar yang diberikan baik pada individu maupun kelompok yaitu: keselamatan fisik, agama, keluarga dan keturunan, harta, dan keselamatan profesi. Secara keseluruhan kelima jaminan dasar di atas menampilkan universalitas pandangan hidup yang utuh dan bulat. Kesemua jaminan dasar itu hanya menyajikan kerangka teoritik yang tidak berfungsi, juga tidak didukung oleh kosmopolitanisme peradaban Islam.
Kosmopolitanisme peradaban Islam tercapai atau berada pada titik optimal, manakala tercapai atau berada pada titik optimal, manakala tercapai keseimbangan antara kecendrungan normatif kaum muslimin dan kebebasan berpikir semua warga masyarakat(termasuk mereka yang non-muslim). Hanya dengan menampilkan universalisme baru dalam ajarannya dan kosmopolitanisme baru dalam sikap hidup para pemeluknya, Islam akan mampu memberikan perangkat sumber daya manusia yang diperlukan oleh si miskin untuk memperbaiki nasib sendiri secara berarti dan mendasar, melalui penciptaan etika sosial baru yang penuh dengan semangat solidaritas sosial dan jiwa transformatif yang prihatin dengan nasib orang kecil.
Secara garis besar buku ini membahas tentang Islam universal. Diantara tema pembahasan para penulis di dalamnya ialah tentang: Konsep Muhammad Sebagai Penutup Nabi, Implikasi Sosial-Keagamaan Muhammad Sebagai Penutup Utusan Allah, Hak Milik dan Ketimpangan Sosial, Penghayatan keagamaan populer dan Masalah Religio-Magisme, Hak-hak Individu dan Sosial Indonesia, Makana Modernitas dan Tantangannya Terhadap Iman, Islam di Indonesia dan Potensinya Sebagai Sumber Subtansiasi Ideologi dan Etos Nasional,Pengertian Wali al-Amr dan Problematika Hubungan Ulama dan Umara, Agama dan Negara dalam Islam, Skisme dalam Islam, Sebuah Telaah Ulang, Sikisme dalam Islam, Konsep-konsep Kebahagiaan dan Kesengsaraan, Persoalan Penafsiran Metaforis, Etika dalam Kitab Suci dan Relevansinya.
Buku ini cocok dibaca bagi siapa saja yang menginginkan dialog mengenai wacana-wacana keislaman kontemporer, khususnya berkaitan dengan unicersalitas Islam.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan