Home » » Dialog Wacana Syariat Islam

Dialog Wacana Syariat Islam

Written By Amoe Hirata on Rabu, 22 Oktober 2014 | 03.56

Judul Buku      : Dialog Wacana Syariat Islam dan Sumbangan Pikiran Orang Kristiani
Penulis             : IGN. GATUT SAKSONO
Penerbit           : CV. Diandra Primamitra Media
Cetakan           : Pertama, April 2009
Tebal               : 224 halaman
Kategori          : Syariat Islam
Harga              : -
Peresensi         : Mahmud Budi Setiawan

Pemberlakuan Syariat Islam di Indonesia adalah wacana yang sudah ada sebelum kemerdekaan. Pro dan kontra selalu mengiringnya. Masih mungkinkah Syariat Islam diaplikasikan dalam masyarakat yang plural? Apa sudah ada kata sepakat mengenai wacana Syariat Islam baik dalam tubuh umat Islam sendiri maupun non-muslim? Kalau itu masih menjadi polemik, lalu apa solusinya? Dalam buku ini akan disajikan dialog-dialog menganai wacana Syariat Islam di Indonesia.

Tujuan penulis menerbitkan buku ini adalah untuk memperkaya wacana yang sudah ada selama ini. Kekhasan buku ini adalah secara eksplisit menghadirkan sumbangan pemikiran orang-orang kristiani tentang wacana syariat Islam di Indonesia. Persoalan, atau kalau tidak mau dikatan problematika, usaha pemberlakuan syariat Islam sebagai hukum positif(meskipun sebagian sudah ada) bukan hanya persoalan dalam diri umat Islam sendiri melainkan juga warga non-muslim Indonesia.

Buku ini ditulis oleh Ign. Gatut Saksono lahir di Semarang 11 Juli 1953. Selesai Sarjana Muda di Sekolah Tinggi Kateketik Prajnawidya Yogyakarta.  Selain sebagai dosen  di AKS Tarakanita Yogyakarta, ia juga kolomnis di beberapa media baik di Jakarta maupun Yogyakarta. Diantara karya tulisnya:  Cara Pintar Mencari Dana Sponsor(2007), Pancasila Soekarno(2007), Marhaenisme Bung Karno(2008), Paranormasl(2008), Keadilan Ekonomi dan Globalisasi(2008), Pendidikan Yang Memerdekakan Siswa(2007) dan Mencari Pesugihan(2009).

Pembahasan inti dalam buku ini: Pluralisme Agama di Indonesia, Hukum Islam dan Hukum Adat pada Masa Pasca Kemerdekaan, Gerakan Islam Kontemporer dan Upaya Penerapan Syariat Islam di Indonesia, Formalisasi Syariat Islam dari Pandangan Muslim, Syariat Islam dalam Pandangan Orang Kristiani, Memadukan Syariat Islam dan HAM. Dalam pengantar buku ini, penulis memandang perlu ada wacana diskusi, dialog, dan debat terbatas tenang syariat Islam tentang Pancasila, dan tentang diperkuatnya nilai-nilai HAM baik untuk memperkaya Pancasila maupun Syariat Islam. Menurut penulis, masalah Syariat Islam adalah masalah bersama.


Dalam buku ini disajikan berbagai wacana tanggapan terhadap Syariat Islam yang bukan hanya dari pemikir Islam tetapi juga pihak non-muslim. Karena sulitnya mencari narasumber dan kesediaannya untuk sumbang saran terhadap syariat Islam dari kelompok non-muslim di luar komunitas Kristiani, maka hanya dari komunitas Kristiani saja yang ditampilkan. Buku ini cocok dibaca bagi mereka yang ingin mengetahui bagaimana pendapat non-muslim terhadap pemberlakuan Syariat Islam, namun sayang yang diminta pendapat dari non-muslim hanya berasal dari kalangan kristiani. Apapun alasannya, kalau mau mencari pendapat non-muslim, seharusnya agama selain kristen harus dilibatkan supaya obyektif dan komprehensif.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan