Home » » Islam dan Pluralisme

Islam dan Pluralisme

Written By Amoe Hirata on Rabu, 22 Oktober 2014 | 06.00

Judul              : ISLAM DAN PLURALISME, Akhlak Quran Menyikapi Perbedaan
Penulis            : Jalaluddin Rakhmat
Penerbit          : PT SERAMBI ILMU SEMESTA
Cetakan          : Kedua, November 2006
Kategori         : Pluralisme Agama
Tebal              : 292 halaman
Peresensi        : Mahmud Budi Setiawan

Apakah hanya Islam agama yang diterima Allah? Dengan kata lain, apakah orang yang beragama selain Islam, seperti Kristen, Hindu, Budha, akan memperoleh keselamatan di sisi Allah? Apakah nonmuslim juga menerima pahala amal salehnya? Lantas, kenapa Tuhan menciptakan agama yang bermacam-macam? Kenapa Allah tidak menjadikan semua agama itu satu saja? Apa tujuan penciptaan berbagai agama itu? Bagaimana seharusnya kita menyikapi perbedaan ini? Pertanyaan ini meletupkan kontroversi.

Buku ini ditulis oleh tokoh Syi`ah Indonesia, Jalaluddin Rahmat. Lahir di Bandung, 29 Agustus 1949. Pakar komunikasi, pengasuh SMA Plus Muthahari, sekolah model pembinaan akhlak. Ia menjabat sebagai ketua IJABI. Di antara karya tulisnya: Psikologi Komunikasi (1985)Islam Alternatif (1986).Islam Aktual (1991),Renungan-Renungan Sufistik (1991).Retorika M oderen (1992)Catatan Kang Jalal (1997).Reformasi Sufistik (1998).Jalaluddin Rakhmat Menjawab Soal-Soal Islam Kontemporer (1998).Meraih Cinta Ilahi: Pencerahan Sufistik (1999).Tafsir Sufi Al-Fâtihah (1999).Rekayasa Sosial: Reformasi Atau Revolusi? (1999).Rindu Rasul (2001).Dahulukan Akhlak Di Atas Fikih (2002).Psikologi Agama (2003)Meraih Kebahagiaan (2004)Belajar Cerdas Berbasiskan Otak (2005).Memaknai Kematian (2006)Islam dan Pluralisme, Akhlak Al-Quran dalam Menyikapi Perbedaan (2006).

Buku ini mencoba mencari jawabannya dalam Al-Qura`n. Lewat analisis bahasa dan telaah tajam atas ragam tafsir yang ada, Kang Jalal mendedah makna sejati Islam dan agama (din), mengungkap spirit firman Allah dalam memandang agama-agama lain, dan merumuskan bagaimana kita beriman secara autentik di tengan pluralitas kebenaran itu. Dengan gaya ungkap menawan, segar, dan cerdas. Cendekeiawan muslim yang pakar komunikasi ini juga mengajak kita menelaah berbagai wacana keislaman dan fenomena keberagamaan kontemporer: dari cara mengenal Tuhan hingga menjadi manusia, dari fundamentalisme hingga ateisme, dan dari penegakan syariat hingga transparansi sosial.


Bahasan buku ini sebagai berikut: Bagian satu membicarakan tentang Beriman di Tengah Pluralitas Kebenara. Isi pokok bahasannya: Menyikapi agama lain, Memahami makna Agama, Menyikapi perbedaan. Bagian dua, membahas tentang Mencari Autentitas Iman, pokok bahasannya: Mengenal Allah, Menjadi Manusia, Arti Kejatuhan Manusia di Bumi, Berperang Membela Tuhan., Masa Depan Tuhan. Bagian tiga, membahas tentang Menghadang Kemungkaran Sosial, pokok bahasannya: Menyoal Negara Islam, Menghadang Kemungkaran, Yang Menguasai dan Yang Dikuasai, Memerangi Musuh Negara. Buku ini berusaha mendamaikan agama Islam dengan agama lain, namun sayang ide-idenya tak jauh beda dengan para pengusung pluralisme agama. Maunya menyajikan wajah Islam yang damai, tapi nash-nash direinterpretasi sedemikian rupa untuk menjustifikasi pendapat yang melatarbelkanginya. Namun perlu diakui juga gaya penulisan yang enak, mengalir, dan tidak emosional, merupakan keistimewaan buku ini.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Amoe Hirata - All Rights Reserved
Maskolis' Creation Published by Mahmud Budi Setiawan